24
Aug

Tips Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

persiapan dana pendidikan anakWahai anakku, apakah yg engkau inginkan? Bila engkau meminta bulan niscaya akan aku belikan untukmu… Tapi nunggu gajian ya… #eh
Diatas sekelumit ungkapan cinta seorang orang tua kepada anaknya, apapun akan diberikan yg dirasa terbaik (meski kenyataannya bisa jd bukan yg terbaik). Salah satunya adalah dalam memilih sekolah, para orang tua berlomba-lomba ingin memasukkan anaknya ke sekolah yang terbaik dan mungkin klo perlu yang termahal :)

A : Nanti rencana si kecil mau sekolah dimana?
B : Pengennya sih di sekolah ABC karena fasilitasnya komplit
A : Sudah menyiapkan Dana Pendidikan untuk anak?
B : oh sudah, dana sampai TK sudah siap…
A : Trus bagaimana untuk SD, SMP, SMA dan Kuliah?
B : hmmmmm… dipikir nanti saja, kan masing-masing anak ada rejekinya sendiri.
A : Gubraaak… Bagaimana klo ternyata rejeki anak sebagian sudah Dititipkan ke kita, terus ternyata tidak kita kelola dengan baik :( ayoo siapakan Dana Pendidikan mulai sekarang
B : ooops…

 

Terus apakah biaya kuliah nanti sama dengan sekarang? ooo tentu tidak hehe… Biaya pendidikan mengalami kenaikan tiap tahunnya. Asumsi yang biasa digunakan adalah :

  • Kenaikan 20% per tahun untuk TK, SD, SMP, SMA swasta di Jakarta
  • Kenaikan 15% per tahun untuk Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta (Program S1)

Rumus yang digunakan :

FV = PV (1+i) ^ n

FV = Future Value (Biaya pendidikan n tahun lagi)
PV = Present Value (Biaya pendidikan saat ini)
i  = kenaikan biaya per tahun
n  = berapa tahun lagi

Contoh Kasus I:
Biaya uang pangkal di salah satu SMA swasta di Jakarta sekitar 24jt. Anak sekarang berumur 2thn (2011). Jadi sekitar 13thn lagi (2024)  dia akan masuk SMA. Kira-kira berapa biaya uang pangkal SMA anak nanti?

FV = PV (1+i)^n
= 24jt (1+20%)^13
= 256,783,692

Contoh Kasus II:
Biaya kuliah di salah satu universitas swasta di Jakarta sampai lulus sekitar 190jt. Anak sekarang berumur 2thn (2011). Jadi sekitar 16thn lagi (2027) dia akan masuk kuliah. Kira-kira berapa biaya kuliah anak nanti?

FV = PV (1+i)^n
= 190jt (1+15%)^16
= 1,777,947,965

 

WOW besar bangettt… eits yang SD & SMP belum dihitung lho, silahkan dihitung sendiri ya buat latihan  hehe..

Ada dua cara untuk mendapatkan Dana Pendidikan SMA sebesar 256jt di 13thn mendatang, yaitu :

  • Menabung, yaitu dengan cara deposito sekitar 13,6jt per tahun selama 13thn dengan asumsi tingkat return deposito sebesar 6% per tahun (contoh : deposito dan Tabungan Pendidikan)
  • Investasi, yaitu dengan cara “meletakkan” uang sekitar 7,5jt per tahun selama 13thn dengan asumsi tingkat return investasi sebesar 15% per tahun (contoh : Reksadana dan Emas)

Perhitungan tabungan/investasi diatas dapat dihitung melalui Microsoft Office Excel, dengan menggunakan formula PMT(tingkat_return, jangka_waktu, PV, FV, Type).

 

Ramuan antara tabungan pendidikan + investasi + asuransi biasa kita sebut Asuransi Pendidikan. Terkadang ramuan tersebut tidak sesuai dengan budget dan kebutuhan kita,
maka Anda bisa membuat ramuan sendiri dengan cara ikut tabungan pendidikan, investasi dan asuransi jiwa secara terpisah untuk hasil yang lebih optimal.

Banyak yang menyarankan untuk biaya pendidikan yang kurang 1-3thn lagi tidak perlu diinvestasikan, cukup kita tabung dan jaga baik-baik jangan sampai dipakai untuk kebutuhan lain.

Gimana, masih mau menunggu nanti untuk action mempersiapkan Dana Pendidikan Anak? :)

About me
Suami dari satu istri (cukup) dan bapak dari dua orang anak (semoga bisa dapat amanah lagi).
Twitter @ekoprasetya
Pencarian:
© Copyright 2010-2018 Eko Prasetya. All rights reserved. Proudly powered by WordPress.